Tanjung Keluang Kalimantan Tengah

Welcome To Indonesia Tourism


Kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor. 046/Kpts-II/1984 tanggal 3 Desember 1984 dengan luas kawasan 2.000 Ha.

Letak secara administrasi pemerintahan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang berada di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.
Astronomis
Secara astronomis Taman Wisata Alam Tanjung Keluang terletak antara 111°00’45" - 111°42’00" BT sampai dengan 03°42’ - 03°55’ LS.

Kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang yang terbentuk oleh hamparan pasir putih bersih dengan laut yang tenang, serta adanya tumbuhan cemara khas pantai merupakan panorama yang indah. Keindahan panorama alam pantai (Pasir dan mangrove) yang ditunjang oleh keberadaan jenis flora dan fauna yang khas.


Flora vegetasi yang menonjol di kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang adalah : Cemara Laut (Casuarina sp), dan Bakau (Rhizophora sp).

Fauna jenis satwa liar yang dapat dijumpai didalam kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Keluang antara lain : Musang air (Cycnogale sp), Burung elang (Henicopersis novaeguineae) dan Burung raja udang (Anhinga sp).
Pantai Tanjung Keluang seluas 2000 Ha terletak di ujung Pantai Kubu, terbentuk dari hamparan pasir putih bersih dengan laut tenang, sangat cocok untuk berenang dan berjemur sambil menikmati pesona pantai yang khas. Pantai ini langsung menghadap ke Laut Jawa, dapat dicapai dengan perahu penyebrangan (kelotok wisata) dalam waktu 30 menit dari Pantai Kubu.
Pantai ini jauh dari keramaian sehingga wisatawan yang mendambakan ketenangan dan keheningan alam dapat menjumpainya di tempat ini. Obyek wisata Tanjung Keluang juga sepenuhnya menjadi milik Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dan saat ini menanti investor pengembangan selanjutnya.
Tanjung Keluang beach is 2000 ha in wide located in the end of Kubu beach, composed of clearly white sand spread out with peace ocean suitable for swimming and sunbathing while enjoying a typical coastal fascination. The beach directly appears before Java sea, which can be reached by using an over passing tourism ship (tourism kelotok) in only 30 minutes from Kubu beach.
The beach is far from the crowded so tourists that are long for natural quietness and restfulness can come to the really beautiful place. All tourism objects in Tanjung Keluang are also entirely in the possession of Government of West Kotawaringin Regency an at present waiting for investors to develop and construct them further.
Visit Indonesia
5 Responses
  1. Takkaw Says:

    apa benar TWA. Tanjung Keluang milik Pemkab Kobar "SEPENUHNYA"..???
    bagaimana dengan pengelolanya? siapa? apa Pemkab Kobar juga?

    mohon dijelaskan lebih rinci


  2. fl.v.ditya Says:

    nahhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    niy lbih parah lg
    Q malah blum prnah sma sekli kesna
    hufth
    ktax org kobar kq mlah blum prnah siy?


  3. fl.v.ditya Says:

    wwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwwwwwwwwwwwwwwww
    keren bgt


  4. Unknown Says:

    Bukan milik kab kobar cuma pengelolanya kab kobar karena terletak di wilayah kab kobar sepenuhnya dan difungsikan sebagai ekowisata


  5. Anonim Says:

    Kalau mau kemah disana gimana ?


Posting Komentar