Tanjung Puting National Park Kalimantan Tengah

Welcome To Indonesia Tourism
Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Taman yang memiliki luas area sekitar 415.040 ha ini pernah didatangi oleh artis peraih piala OSCAR, Julia Robert (TNTP cukup terkenal sampai dunia Internasional juga kan???), Julia menyebut TNTP sebagai taman surga.

Taman Nasional Tanjung Puting ditetapkan sebagai cagar alam biosfer oleh UNESCO pada tahun 1977. TNTP merupakan tempat rehabilitasi Orang Utan tersbesar di Indonesia. Di sini terdapat tiga buah lokasi untuk rehabilitasi Orang Utan yaitu di Tanjung Harapan, Pondok Tanggul dan Camp Leakey.
A. Tanjung Harapan

Merupakan stasiun pertama dalam proses rehabilitasi Orang Utan. Lokasi ini berada di hutan sekunder dan hutan rawa yang dilengkapi dengan wisma tamu, pusat informasi dan jalan trail.

B. Pondok Tanggul

Di sini orang utan dihindarkan dari kontak langsung dengan manusia, namun Orang Utan tersebut tetap di amati secara tertutup.

C. Camp Leakey

Didirikan pada tahun 1971, berada di hutan primer dan merupakan tempat dari beberapa Orang Utan yang setengah liar sampai yang liar dan dari yang baru dilahirkan sampai usia tiga tahun (Raja Tua)

Anda tertarik untuk menikmati keindahan Taman Nasional Tanjung Puting? Tenang saja tak perlu gelisah. Cara terbaik menuju Tanjung Puting adalah melalui Kumai, kota kecamatan dan pelabuhan laut yang terletak 15 km dari Pangkalan Bun (Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat).

Untuk menuju Pangkalan Bun dapat dicapai dengan menggunakan pesawat udara. Dari Pulau Jawa penerbangan yang melayani adalah Merpati dan Deraya dari Semarang (setiap hari). Sedangkan dari kota-kota di Kalimantan, penerbangannya adalah DAS atau Deraya dari Pontianak atau Ketapang.Sedang dari Banjarmasin dapat menggunakan pesawat DAS atau Merpati. Kemudian dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun, dapat menggunakan Taxi cateran ke Kumai sekitar 12 km. Bila menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Kumai dapat memakai jasa Pelni (Binaiya, Lawit, Tilong Kabila, Leuser Krakatau dan Bukit Raya) dari Semarang, Surabaya dan Banjarmasin. Untuk mencapai lokasi kawasan Tanjung Putting, dari Kumai dapat menumpang Klotok atau Speed Boat.


Bila malas pergi sendiri, kita juga bisa memilih paket perjalanan yang ditawarkan operator tour. Lihat saja apa yang ditawarkan Vita Justicia dari Saptawira Adhitama Tours & Travel. Pihaknya telah membuka paket yang diberi nama ”Explore Orangutan”, paket wisata alam selama tiga hari dua malam. Pada hari pertama, kita langsung dibawa masuk ke kawasan Tanjung Puting. Rutenya, Jakarta – Semarang – Pangkalan Bun dengan pesawat, lalu terus ke Kumai dengan kendaraan roda empat.
Dari Kumai jalan-jalan diteruskan dengan menaiki Klotok, perahu tradisional warga Kalimantan. Untuk menginap, mereka memilih Rimba LodgeHari berikutnya, usai sarapan kita akan diajak untuk melihat Pondok Tanggui. Tempat ini merupakan bagian dari pusat rehabilitasi orang utan. Di sini kita bisa melihat kegiatan pemberian makan orang utan. Dalam sehari, ada tiga kali waktu memberi makan. Terakhir, perjalanan pulang dengan memakai rute yang sama. Lalu soal harga? Sambil tersenyum simpul Vita menyebut ancar-ancar angkanya, antara 4 juta sampai 5,7 juta per orang. ”Nah, inilah susahnya, orang (baca: wisatawan lokal) masih banyak yang mengeluh dengan harga segitu. Kebanyakan mereka lebih suka membandingkan dengan liburan ke luar negeri atau ke Bali. Padahal, tantangan yang ditawarkan juga berbeda kan,” tukas Vita. Artinya, paket wisata ini masih sepi peminat lokal.


Taman Nasional Tanjung Puting memiliki iklim tropis dengan curah hujan tertinggi 2400 mm/tahun, dan dengan suhu udara berkisar antara 22’-33’C dengan musim kunjungan terbaik antara bulan Juni s.d. September.


Visit Indonesia


5 Responses
  1. fl.v.ditya Says:

    niyyyyyyy jg Q jg blum prnah kesana
    low pulang ntar Q mw kesana dch


  2. Anonim Says:

    CITA2 YG KUDU TERCAPAI...TANJUNG PUTING, I'LL COME SOON


  3. Anonim Says:

    kamu bisa atur perjalanan saya ke tanjung puting? saya Ina dari jakarta
    081575836661


  4. kftour Says:

    Yth. kami dari biro perjalanan a/n NS Tour And Travel Jepara Jawa Tengah Indonesia Jika Bpk/Mas ada rombongan wisata ke jawa Mungkin bisa kami bantu prosedur lebih lanjut bisa kita bicarakan, kami ingin membuka BPW di sana mungkin juga anda bisa bantu kami hubungi kami di (0291)3339111, 085640272038, 085291794931
    salam hormat


  5. Unknown Says:

    pgn naik kelotok dari kumai


Posting Komentar